Bisnis koq Coba-Coba

Tulisan ini diambil dari sesorang yang sangat menginspirasi saya untuk buka usaha.
Terima Kasih Pak Fuad Mutfie

Saya teringat pernah membaca sebuah artikel tentang penggunaan kata "coba" atau "try". Dalam artikel tersebut disebutkan bahwa kata-kata "coba" merupakan kata ajaib yang kalau kita gunakan akan membuat kita merasa akan melakukan suatu action, dan pada sisi yang lain akan membuat kita menjadi punya excuses (alasan-alasan) kalau-kalau kita gagal melakukannya.

Dalam bisnis, misalnya kita mengatakan "Oke, saya akan COBA buka usaha voucher". Maka kita akan merasa sudah mulai melakukan tindakan untuk mencapai tujuan kita menjadi pengusaha voucher. Tapi bahayanya, kalimat tersebut memberikan instruksi kepada otak bawah sadar kita bahwa kita tidak akan berhasil membuka usaha voucher, lha wong coba-coba ini! Saat kita mulai membukan usaha voucher, otak kita sudah mempersiapkan excuse / alasan untuk gagal. "Paling tidak saya sudah MENCOBA".

Dalam artikel tersebut, penulis membuat percobaaan dengan menjatuhkan bolpen, kemudian meminta partnernya untuk MENCOBA mengambil bolpen tersebut. Setelah bolpen diambil, penulis mengatakan "Tidak, saya tidak meminta anda untukmengambil bolpen, saya hanya minta anda untuk MENCOBA mengambil bolpennya". Dan bolpen kembali dijatuhkan. Partnernya kembali menunduk dan tangannya mengambil bolpennya. Dan kembali diingatkan untuk tidak mengambilnya tapi hanya MENCOBA untuk mengambilnya.

Percobaan tersebut diulang sampai beberapa kali, sampai partnernya paham bahwa untuk MENCOBA adalah sama saja untuk TIDAK BERHASIL. Begitu si partner berhasil mengambil bolpen artinya dia tidak lagi mencoba, tapi sudah benar-benar mengambilnya dan berhasil (bukan ‘mencoba’ namanya).

Demikian juga dalam bisnis, begitu kita membuka lapak dan berjualan voucher, maka kita bukan lagi MENCOBA, tapi sudah benar-benar berbisnis. Sama seperti sinyal digital hanya 0 dan 1, tidak ada mencoba "0" atau mencoba "1". Yang ada hanya "action" dan "not action", bukan "try to action" dan "try not to action". Memang dengan menggunakan kata MENCOBA akan membuat kita nyaman, karena itu tadi, kita sudah mempersiapkan alasan untuk gagal sebelum kita memulai.

Nah, moral ceritanya, kalau kita sudah niat untuk berbisnis hindari kata-kata "coba". Karena otak kita akan memproses kata "coba" tadi secara berbeda, tidak seperti yang kita maksudkan saat kita mengucapkannya. Otak kita memproses sinyal "coba" tidak sama seperti proses logika bahasa. Secara tata bahasa memang logis menggunakan kata ‘coba’, tapi otak tidak bisa memproses gambaran ‘coba’ tadi. Yang terjadi malah membuat gambaran gagalnya.

Kalau kita sudah niat berbisnis, mulailah buat blue print dalam otak kita dengan gambaran-gambaran action yang berhasil, tidak perlu memperbesar gambaran-gambaran gagal berikut alasan-alasannya dengan mengucapkan kata-kata MENCOBA. Bisnis koq coba-coba.

Salam FUNtastic & Merdeka!

Fuad Muftie

No comments: